Selamat Datang di Website Desa Tri Tunggal Jaya  

Tentang Desa Tri Tunggal Jaya

Administrator 05 Februari 2020 11:30:24

Tri Tunggal Jaya adalah sebuah Desa yang terletak di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung. Desa Tri Tunggal Jaya merupakan pecahan dari Desa Kejadian yang diresmikan menjadi desa definitif pada tanggal 17 Desember 2012 berdasarkan Undang-undang No. 32 tahun 2012. Desa Tri Tunggal Jaya merupakan desa swadaya yang memiliki wilayah seluas 8,966 km2 yang didominasi lahan peladangan seluas 606,6 Ha dan lahan pemukiman seluas 111 Ha dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Tulang Bawang Barat. Penduduk Desa Tri Tunggal Jaya sebagian besar bermata pencaharian Petani Kebun yaitu Perkebunan Karet, Kelapa Sawit, dan Singkong. 


Secara administratif, Desa Tri Tunggal Jaya terbagi menjadi 4 RK (dusun) dengan 12 RT. Jumlah KK Desa Tri Tunggal Jaya mencapai 465 KK dengan penduduk mencapai 1863 jiwa yang mayoritas bermata pencaharian sebagai Petani dan Buruh. Selain itu, penduduk Desa Tri Tunggal Jaya seluruhnya beragama Islam dan bersuku Jawa.

  1. Kondisi Geografis
    Desa Tri Tunggal Jaya adalah desa yang memiliki topografi datar, berada di ketinggian 38 mdpl, dan memiliki curah hujan yang berkisar diantara 1000-3000 mm per tahun.
  2. Kondisi Sosial
    • Tingkat Pendidikan
      Warga Desa Tri Tunggal Jaya sebagian besar merupakan lulusan SD/MI dengan jumlah 750 orang, disusul lulusan SMP/SLTP 300 orang, dan SLTA/SMA 150 orang. Sebanyak 75 orang putus sekolah dan sebanyak 45 orang buta huruf. Lulusan S1 atau Diploma hanya berjumlah 6 orang dari total populasi.
    • Lembaga Pendidikan
      Lembaga Pendidikan yang tersedia di Desa Tri Tunggal Jaya ada dua: Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar (SD). Untuk SMP dan SMA/SMK, hanya tersedia masing-masing satu instansi untuk satu Kecamatan.
      Untuk Taman Kanak-Kanak, saat ini tersedia dua kelas yaitu: (1) TK A (Nol Kecil: rentang usia 4-5 tahun) dengan jumlah siswa 19 orang; (2) TK B (Nol Besar: usia 6-7 tahun) dengan jumlah siswa 17 orang. Tenaga pendidik di TK berjumlah dua orang guru honorer dan kepala sekolah. Guru pertama merupakan lulusan S1 Jurusan Bahasa Inggris Universitas Bandar Lampung dan guru kedua merupakan lulusan SMA. Kepala Sekolah TK merupakan Guru PNS di SD Desa.
      Untuk Sekolah Dasar, saat ini tersedia jenjang SD Kelas 1 sampai SD Kelas 4 (menyesuaikan dengan kenaikan kelas siswa karena saat ini siswa sekolah masih mencapai kelas 4) yang seluruhnya berjumlah 75 orang. Tenaga pendidik di SD Desa berjumlah 7 orang.
  3. Fasilitas Kesehatan
    Fasilitas kesehatan yang tersedia di Desa Tri Tunggal Jaya hanyalah Posyandu. Untuk Puskesmas, dapat diakses oleh warga di pusat Kecamatan Way Serdang. Namun, setiap tanggal 13 di tiap bulan, diadakan pemeriksaan rutin kesehatan yang mendatangkan dokter dan perawat dari kecamatan ke desa. Selain pemeriksaan kesehatan, diadakan pula penyuluhan tentang kesehatan yang dilakukan oleh perawat dan dokter yang bertugas. Dokter dari kecamatan menambah tenaga medis dengan melibatkan warga desa yang kemudian terbagi menjadi tiga kelompok; Kader Bayi Balita, Kader Ibu Hamil, dan Kader Lansia.
  4. Kondisi Ekonomi
    • Jenis Usaha
      Jenis usaha utama di Desa Tri Tunggal Jaya ada tiga, yaitu pertanian, peternakan, dan industri rumahan. Usaha pertanian meliputi: Petani Karet, Petani Kelapa Sawit, Petani Singkong, dan Petani Sayur Mayur. Untuk usaha peternakan meliputi: Ternak Sapi, Ternak Kambing, Ternak Unggas, dan Ternak Ikan. Industri rumahan yang ada di desa adalah industri tempe dan jamu.
  5.  Potensi Pertanian
    Potensi pertanian terbesar dari Desa Tri Tunggal Jaya adalah ternak Sapi, Kelapa Sawit, dan Karet. Tri Tunggal Jaya juga mendapat bantuan ayam ternak yang hingga saat ini amsih diternakkan oleh warganya.
  6. Kondisi Lingkungan
     Rumah warga mayoritas sudah rumah permanen (dibangun dengan bata dan semen) dan memiliki pekarangan luas.
     MCK sudah cukup memenuhi standar yang baik, seluruh rumah telah memiliki kloset sejak akhir 2015. Selain itu, telah dibangun juga septitank yang biayanya didapat dari bantuan Dana Desa dan Non Dana Desa.
     Sanitasi sudah baik. Warga mendapat air dari sumur galian dan sumur bor serta PAM yang disediakan desa.
     Sayangnya, belum ada TPS. Warga masih mengolah sampahnya sendiri dengan mambakar sampah atau mengubur sampah di pekarangan rumah.
  7.  Kondisi Infrastruktur
    Sebagai desa yang baru berumur 7 tahun, fokus pembangunan desa adalah infrastruktur. Sejauh ini, telah dibangun Balai Desa yang juga dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan olahraga desa seperti bulu tangkis dan voli, posyandu, bangunan sekolah, tower air, dll.
    Untuk kondisi jalan, desa sedang melakukan pembangunan jalan beton yang pada akhir tahun 2019 telah mencapai panjang 947m dan akan dilanjutkan April 2020.
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Peta Desa

Aparatur Desa

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat RT/RW 03/01 Desa Tri Tunggal Jaya
Desa Tri Tunggal Jaya
Kecamatan Way Serdang
Kabupaten Mesuji
Kodepos 34699
Telepon 085368287311
Email

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung